Kamis, 30 Mei 2013

Meski Hujan Deras, Peserta Gejog Lesung Tetap Antusias


Minggu, 26 Mei 2013, 10:50 WIB



Sebanyak 12 kelompok Gejog Lesung dari 12 kecamatan di Kabupaten Kulon Progo meramaikan acara perdana Festival Gejog Lesung di Alun-alun Wates. Peserta pertama berasal dari Kecamatan Girimulyo. Meskipun hujan lebat, namun semangat juang mereka terlihat dari tidak beralihnya peserta dari area pertunjukan.
Peserta diijinkan menambah instrumen lain (non elektrik) selain lesung. Sedangkan aransemen musik dilakukan secara bebas asalkan kreatif dan tetap berpijak pada tradisi.
Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga  Kabupaten Kulon Progo, Eko Wisnu Wardhana, S.E. mengatakan bahwa Festival Padang Mbulan 2013 bertujuan untuk membina dan meningkatkan kreativitas masyarakat di bidang seni budaya.
Sedangkan Bisma, salah seorang penyanyi dari Kecamatan Girimulyo merasa terkesan dengan acara yang bertujuan melestarikan gejog lesung di bumi Kulon Progo ini. "Generasi sekarang patut diberi contoh agar mencintai warisan budaya nenek moyang," jelasnya.
Kegiatan tersebut memperebutkan uang pembinaan masing-masing 1 juta rupiah untuk juara 1 sampai 5, sedangkan juara ke-6 sampai 12 mendapatkan lima ratus ribu rupiah.

Karya juara pertama ditampilkan di Anjungan Yogyakarta Taman Mini Indonesia Indah pada 1 Juni 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar